28.4.13

Salam Dari Hristara !



Salam !

Mari saya awali post pertama di blog ini dengan perkenalan.
Singkat saja ya, nama saya Dira Indri Hapsari, akrab dipanggil Ara. Umur saya 21 tahun (2013 ini).
Asal muasal saya tertarik untuk membuat blog ini supaya dapat mempermudah sharing informasi. Blog ini sendiri mengangkat tema Myth/Mitologi.

Mitologi? Apa itu? Berikut definisi mitologi:
Istilah Mitologi telah dipakai sejak abad 15, dan berati “ilmu yang menjelaskan tentang mitos”. Di masa sekarang, Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, Mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi.

Mitos dan agama juga berbeda, namun meliputi beberapa aspek.
Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dinggap sebagai suatu yang suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan legenda, meskipun kejadiannya dianggap benar, pelaku-pelakunya pada legenda adalah manusia bukan dewa dan monster seperti pada mitologi.
(Sumber:mitos-legenda.blogspot.com)

Ketertarikan saya untuk mengangkat tema mitologi berawal dari kesukaan saya dalam bermain game (ya, saya adalah seorang gamer. Saya sudah memainkan beberapa judul game RPG yg banyak menggunakan unsur yg diambil dari beberapa mitos kuno). Saya ‘jatuh cinta’ pada karakter bernama Hrist dari game Valkyrie Profile II: Silmeria (karena itulah saya menggunakan nama Hristara, gabungan dari nama Hrist dan nama saya). Hrist adalah seorang Valkyrie, Valkyrie sendiri adalah entitas yg diceritakan dari nordic myth/mitologi nordik. Sebuah mitos yg menjadi kepercayaan warga eropa utara. Karena ketertarikan saya terhadap valkyrie lah saya mencoba mencari tau apa itu mitologi nordik. Dan ternyata, saya sukses terbius dalam mitologi nordik. Saya langsung jatuh cinta dengan hal tersebut. Dan saya ingin membagikan hal itu semua terhadap orang lain. Dan hal itu akan saya share dalam wadah blog ini.

Blog ini nantinya tidak akan hanya membahas nordic myth. Tapi juga mitologi lain seperti mitologi yunani,mesir,jepang, dsb. Tentunya dengan sistem saya akan membahas habis-habisan 1 mitologi lalu beralih ke mitologi lain. Blog ini mengambil sumber dari bermacam-macam media seperti buku,website/blog lain, dan sebagainya,

Akhir kata, saya harap blog ini bisa menjadi sumber informasi/hiburan bagi anda yg membaca. Saya memohon maaf dan mengharapkan koreksi anda jika ada salah dalam blog ini.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment